Saturday , July 22 2017

Home / KOTA TANGSEL / Dinas Sosial Tangsel Salurkan Bantuan Sosial Non Tunai Pada Masyarakat

Dinas Sosial Tangsel Salurkan Bantuan Sosial Non Tunai Pada Masyarakat

PenaTangerang.com

Penatangerang.com – TANGSEL – Dinas Sosial Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyalurkan bantuan sosial (bansos) non tunai kepada masyarakat setempat. Kegiatan tersebut merupakan Program Keluarga Harapan (PKH), yakni yang menjadi program unggulan Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).

Sekretaris Dinas Sosial Tangsel, Maya Mardiana mengatakan pelaksanaan PKH yang dilakukan pada Kamis, (9/2/2017) kemarin adalah tahap ke-4. Pada tahap kali ini diberikn untuk beberapa kecamatan dan kecamatan lainnya di Pamulang barat.

Sebelumnya, penyaluran PKH tahap pertama diberikan kepada 1.368 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berdomisili di Kecamatan Setu dan Serpong. Data awal calon peserta PKH berasal dari TNP2K, yaitu Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

“Dana bansos non tunai ini diserahkan oleh pemerintah kota melalui Himpunan Bank Negara (Himbara), dimana untuk wilayah Kota Tangerang Selatan ini Bank yang ditunjuk adalah Bank BNI,” ungkapnya saat ditemui PenaTangerang.com di Kantor Dinas Sosial Kota Tangsel, Kademangan, Setu, Selasa (14/2/2017).

Maya juga menjelaskan, bahwa PKH merupakan bantuan tunai bersyarat untuk masyarakat miskin. Namun, sejak bulan September 2016 lalu pemberian bantuan sudah menggunakan non tunai.

“Ini (bantuan non tunai -red) akan mulai dioptimalkan di 47 kabupaten/kota termasuk Kota Tangsel,” imbuhnya.

Menurutnya, dengan konversi bantuan pangan tunai ke non tunai ini masyarakat dapat menerima bantuan secara tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat kualitas. Dengan begitu, lanjutnya, berharap masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pangannya secara komprehensif.

“Besaran yang diterima KPM (keluarga penerima manfaat) berbeda-beda jumlahnya, tergantung data yang masuk di TNP2K. Antara SD, SMP, SMA, ibu hamil, anak balita dan penyandang disbilitas tentu berbeda besarannya. Semoga dengan adanya program ini mampu menurunkan angka kemiskinan secara simultan,” ucapnya. /Tup

About admin_penatangerang

Check Also

PenaTangerang.com

Sri Hartati Boyong Ratusan Kader Hadiri Kampanye Akbar Rano-Embay

PenaTangerang.com – BANTEN – Sri Hartati, Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI Perjuangan) yang juga anggota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *